Sunday, September 23, 2007

Definisi/Arti Virus,worm dan Trojan Horse

pernakah kalian mendengar istilah istilah seperti virus,worm,trojan horse,...kita semua pasti sudah sering mendengar istilah istilah tersebut..tapi sebagian dari kita mungkin belum tau apa sebenarnya arti dari istilah istilah tersebut...disini saya akan mencoba memeberikan definisi dari ke 3 istilah tersebut..ke 3 istilah tersebut sering disebut kode jahat/perusak atau dalam istilah komputernya disebut malicious codes.code code ini dibuat oleh programer(orang yang ahli dalam membuat code/script computer)dengan tujuan merusak dan mengganggu sistem kerja komputer.

Virus
virus adalah code/script yang dibuat untuk merusak sistem komputer..virus memiliki kemampuan jahat..sekali kita mengeksekusi atau menjalankan file yang terinfeksi virus maka ia akan dengan cepat mereproduksi diri dan menggandakan diri mereka.ia akan segera memodifikasi struktur internal target kode,sehingga target kode sebelum berjalan dipaksa menjalankan virus.virus ini akan meletakkan induk virusnya di dalam sistem C dan akan menyamarkan nama mereka.sehingga kita akan terkecoh dan mengira ia salah satu file sistem.virus juga sering menampilkan pesan pesan dari si pembuat virus serta merusak tampilan display.jika didiamkan terus menerus lama kelamaan komputer akan menjadi lambat...contoh virus:Brain,one half,brontok,dealova dan masih banyak lagi.virus masih dapat dibagi lagi:

  

  1. Boot Virus: Jika komputer dinyalakan, sebuah inisial program di boot sector akan dijalankan. Virus yang berada di boot sector disebut boot virus.

  2. File Virus: File virus adalah virus yang menginfeksi executable program. Dilaporkan bahwa hampir 80% virus adalah file virus.

  3. Multipartite Virus: Virus yang menginfeksi baik boot sector dan file.

  4. Macro Virus: Belakangan diketemukan. Targetnya bukan executable program, tetapi file dokument seperti Microsoft Excel atau Word. Ia akan memulai menginfeksi bila program aplikasi membaca dokumen yang berisi macro.


Worm

Worm ditujukan kepada program yang mengkopi dirinya sendiri ke HANYA memory komputer. Perbedaan mendasar dari worm dan virus adalah, apakah menginfeksi target code atau tidak. Virus menginfeksi target code, tetapi worm tidak. Worm hanya ngendon di memory.

Worm pada awalnya diketemukan di large computer (1970-an), dan akhir- akhir ini saja diketemukan di komputer kecil seperti PC. Terutama sejak 1999, dimana work banyak beredar melalui media email.

Contoh worm: I-Worm/Happy99(Ska), I-Worm/ExploreZIP, I-Worm/PrettyPark, I-Worm/MyPics

Trojan Horse

Trojan Horse diproduksi dengan tujuan jahat. Berbeda dengan virus, Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya, mereka dibawa oleh utility program lainnya. Utility program tersebut mengandung dirinya, atau Trojan Horse itu sendiri ber"lagak" sebagai utility program.

Contoh Trojan Horse: Win-Trojan/Back Orifice, Win-Trojan/SubSeven, Win-Trojan/Ecokys(Korean)

Trojan Horse masih dapat dibagi lagi menjadi:

  1. DOS Trojan Horse: Trojan Horse yang berjalan di DOS. Ia mengurangi kecepatan komputer atau menghapus file-file pada hari atau situasi tertentu.

  2. Windows Trojan Horse: Dijalankan di system Microsoft Windows. Jumlah Windows Trojan Horse meningkat sejak 1998 dan digunakan sebagai program untuk hacking dengan tujuan jahat yang dapat mengkoleksi informasi dari komputer yang tersambung internet.


Related Posts by Categories



1 comment:

jouw said...

numpang lewat mas
dari jouw
http://aceh-bangai.blogspot.com/