Tuesday, October 30, 2007

Mengubah dan mempercantik tampilan Flashdisk

Di postingan terdahulu sudah dijelaskan bagaimana cara merawat flashdisk agar tetap awet..
Kali ini kita akan mencoba mengubah tampilan desktop pada flashdisk agar menjadilebih menarik dilihat..caranya cukup mudah..siapkan sebuah flashdisk..bebas mau merek atau ukuran apa karena tidak ada pengaruh sama sekali..yang kedua siapkan sebuah foto boleh foto kamu sendiri,foto keluarga,ataupun foto si Doi...
ubah nama foto(Rename).Terserah mau pake nama apa boleh Fotoku,foto pacarku dsb..dalam praktek kali ini saya gunakan nama Desktop..

Semua bahan sudah dikumpulkan dan kita siap untuk mulai beraksi..Hehehehe...
1.Buka Notepad...bisa gak buka notepad?ok deh kalo belum bisa tinggal klik aja Start-Notepad atau bisa juga klik start-accecories-Notepad..
2.jika Notepad sudah dibuka..salin script berikut

[ExtShellFolder]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=desktop.jpg
IconArea_Text=0×0000FF
[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0

Tulisan desktop yang dicetak tebal adalah nama gambar..jadi kamu bisa mengganti gambar apapun dan kapanpun tinggal ganti nama picturenya aja...


3.simpan kode script yang tadi anda copy kedalam flashdisk yang sudah disiapkan tadi..dengan nama dan extensi "desktop.ini"

4.Jangan lupa copy juga gambar yang bernama desktop(namanya boleh diganti sesuai selera)

5.langkah terakhir refresh..dan liat aja..tampilan flashdisk anda sekarang sudah berubah lebih bagus...


Catatan:

anda tidak hanya bisa mengubah backgroundnya saja tapi anda juga bisa mengubah warna teks.caranya cari script bertuliskan IconArea_Text=0×0000FF...itu merupakan kode kode dalam pewarnaan..jika anda ingin mengubah warna text tapi anda tidak tahu kode kode warnanya..buka program photoshop..disana anda bisa melihat berbagai macam kode warna.ada tinggal copy warna yang anda sukai lalu refresh...maka dalam sekejab warna teks langsung berubah...

saat anda menyimpan Script yang ada di notepad..kalo sesudah disimpan tapi masih belum ada reaksi dalam arti gambarnya belum muncul..coba anda munculkan extension filenya caranya buka window explorer-tool-folder option-view-hilangkan centang yang bertuliskan "hide extension for known file type-lalu ok...maka file gambar kita akan menjadi desktop.ini....jika file gambar kita tidak muncul extension INI anda bisa rename dan menggantinya sendiri

Selamat mencoba







Related Posts by Categories



21 comments:

nariza10 said...

sAYA SUdah mencora saran qanda tetapi kenapa kok ga' bisa. Tolong kasih saran.

andi said...

terimakasih karena telah mencoba...sayang sekali anda tidak mencantumkan apa yang menyebabkan anda tidak bisa?dibagian mananya yang tidak bisa?
jadi dengan sangat terpaksa saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda

Iwan said...

saya udah coba tapi gak bisa juga,tolong diperjelas lagi donk.........

Andi said...

untuk mas iwan...saya udah mencoba berhasil kok..yang tidak bisanya dibagian mana nih?tolong diperjelas lagi makasih

Anonymous said...

Waktu saya copy source codenya di notepad, kemudian saya simpan di flashdisk sesuai petunjuk. Untuk gambarnya sendiri saya pake yang sudah ada di flasdisk. Lalu saya simpan dengan nama dekstop.ini. Kemudian saya tutup & refresh,ternyata gambar juga gak keluar.

Iwan said...

Saya sdh coba dan berhasil. Tapi setiap saya buka flasdisk selalu tampilannya menjadi "filmstrip". Apakah ada tambahan script agar kita bisa mengatur tampilannya menjadi "list" atau "tumbnail" ??

Anonymous said...

Saya sudah cabo tips anda dan berhasil. Hanya yang saya ingin tanyakan : Mungkin karena ukuran picture yang saya buat adalah besar sehingga gambarnya tidak kelihatan semua, hanya sudut kiri atas gambar saja.

Terima kasih

[HO IL TRA] said...

saYa uDah ngEtest, ,
ternyata bisA,
xo tiPS-tiPs yang lAin nya ada Gak? ?

andi said...

selamat deh yang udah berhasil.bagi yang belum berhasil.coba dibaca lagi baik baik langkah2nya.mungkin ada langkah2 yang kelewat.thank

Anonymous said...

mas...gw dah coba n berhasil

tp klo ubah jenis tulisan nya gmn yah,misal ny ganti "comicsan" gtu

thanks b4

dika said...

Mas saya udah coba tapi koq g berhasil ya?o iya mas nama dan ekstensi apa harus "Desktop ini"?trus gambar yg udah di copy dletakkan dimana?

HIKOMCELL 04 said...

TERIMA KAH BANYAK ATAS BANTUANNYA. SAYA TELAH MENCOBA DAN HASILNYA SEMPURNA. TERIMA KASIH SEKALI LAGI. SEDIKIT MASUKAN ENCODING DI RUBAH MENJADI UNICODE.

Cerita Dodol Anak ROKER (Rombongan Kereta) said...

kok udah dicoba nggak bisa - bisa ya??
apa itu tergantung merk flash disknya??

Shimizu_Rei said...

Kak, sya msh belum ngerti di bagian "Jangan lupa copy juga gambar yang bernama desktop(namanya boleh diganti sesuai selera" mksudnya copy apanya kak? gmn cranya? sya msh bingung thx kak...

BANG JAKA said...

saya juga sudah mencoba sesuai petunjuk tapi gambar juga gak mau keluar masalahnya kenapa ya??? supaya gambarnya bisa keluar gimana caranya, mohon petunjuknya...thanx.

BANG JAKA said...

saya sudah coba berkali-kali, gambar backgroundnya juga gak muncul. apa hanya untuk flasdisk merk dan ukuran tertentu??? mhon jwabannya...thanx

jonathan enzah said...

klo di folder komputer pribadi bisa nggak??

Anonymous said...

cippppppppppppppppppppzzzzzzzzzzzz

Anonymous said...

knapa gak pake software background maker ja... di situ fiturx lengkap gan, gak pake pusing..

Crizno Sinaga __ cr7 said...

saya sudah coba..
tapi tidak bisa juga,,
apa nya yang salah, saya sudah mengikuti langkah2 nya dengan benar
tapi tidak bisa juga

Anonymous said...

KOK GAK BISA
EMANGNYA PAKE WINDOWS 7 GAK BISA???