Monday, November 12, 2007

menyembunyikan folder pribadi

anda semua pasti memiliki data data personal/pribadi yang tidak ingin anda perlihatkan kepada orang lain.Biasanya anda akan menyimpan semua data data pribadi anda kedalam sebuah folder dan mengganti atribut folder itu dengan hidden lalu di opsi folder option,anda mengatur agar file hidden tidak muncul.sehingga hanya anda sendiri yang bisa mengakses folder tersebut.Tapi bagaimana jika ada orang yang iseng membuka komputer anda dan mengaktifkan atribut hidden tersebut?wah bisa dibayangkan semua data data pribadi anda akan bocor ketangan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.jika sudah terjadi seperti ini maka anda sendiri yang akan rugi.


menyembunyikan folder folder pribadi tersebut dengan menonaktifkan hidden folder sudah tidak aman lagi,karena sudah banyak orang yang tau.kalo memang mau aman anda bisa menggunakan software tertentu untuk mengunci folder tersebut dengan password..kali ini saya tidak akan membahas software tersebut mungkin dilain waktu.sekarang saya akan mengajarkan trik lain yang lebih aman.anda bisa menyembunyikan folder anda di desktop.gimana caranya?

1.buka desktop komputer,lalu klik kanan pilih New-Folder2.lalu buat nama folder tersebut dengan menekan dan tahan tombol alt lalu tekan angka 0160 pada numeric keyboard sebelah kanan


3.seketika nama folder menghilang.folder tersebut menjadi folder tanpa nama

4.pindahkan semua data pribadi anda kedalam folder tersebut

5.klik kanan folder tanpa nama tersebut lalu pilih properties.maka akan muncul tabel properties lalu pilih customize-change icon hingga muncul dialog box change icon for folder


6.pilih icon tanpa gambar seperti gambar diatas.gambat kotak warna biru..lalu klik ok
7.setelah anda mengklik ok,otomatis folder tersebut akan menghilang...
8.jika anda ingin melihat folder tersebut,cukup lakukan seleksi disekitar area desktop di tempat anda membuat folder tadi..lalu tekan enter.maka folder tersebut otomatis akan terbuka.

bagaimana?anda sudah merasa aman dengan data penting anda?setidaknya dengan menggunakan trik tersebut anda dapat meminimalisir kasus pencurian data data pribadi didalam komputer..saran saya kalo memang data itu sangat penting bagi anda,simpan data tersebut didalam keping CD lalu taruh ditempat yang menurut anda paling aman.Atau anda bisa mengunci komputer anda dengan password tertentu sehingga hanya anda yang bisa mnegakses folder tersebut.semoga trik diatas bermanfaat!!!

Related Posts by Categories



3 comments:

Rizki_silverwolf said...

THANK YOU...........................................

Agoes said...

kalo ilang gmn cara nyari'nya ? bls ngbuutttzzzz

Anonymous said...

ada kelemahannya nih... kalo di refresh agak aneh