Tuesday, November 27, 2007

Tips memotret dengan ponsel

Sekarang sudah banyak beredar handphone dengan fasilitas kamera yang sudah terintegrasi langsung di handphone tersebut.Harganyapun sudah terjangkau oleh kalangan yang ekonominya tidak terlalu tinggi.dengan harga dibawah 1 juta saja kita sudah bisa mendapatkan 1 buah ponsel dengan fasilitas kamera didalamnya.Walaupun kualitasnya masih VGA(masih dibawah megapixel).tapi masih lumayan bagi kita yang hobi jeprat jepret sana sini.
bahkan jika kita pintar mencari cari,kita bisa dapat ponsel dengan kualitas kamera hampir 2 megapixel dengan harga yang murah.

karena semakin tinggi megapixel suatu kamera akan semakin bagus kualitas yang dihasilkan oleh kamera tersebut.
sehingga ponsel ponsel seperti ini yang lagi laku dipasaran karena dengan menggunakan ponsel seperti ini membuat kita lebih praktis dalam bepergian.kita tidak perlu lagi repot repot membawa kamera digital.cukup membawa ponsel dengan fitur kamera didalamnya.setiap orang bisa memotret menggunakan ponsel ini.cukup arahkan ponsel ke obyek dan tekan tombol diponsel lalu...clikkk...fotopun sudah jadi dan siap dilihat.memang sih hasilnya tidak sebagus kamera digital.Yang penting gambarnya terang itu sudah cukup.

Ada beberapa tips untuk anda yang sering menggunakan kamera di ponsel.Supaya hasilnya bagus...setidaknya tidak kabur(blur).

1.Saat memotret pegang ponsel baik baik..usahakan jangan goyang sedikitpun.karena goyangan sedikit saja bisa membuat gambar blur(kabur).apalagi di tempat yang gelap,usahakan jangan sampai ada goyangan sedikitpun.setelah posisi obyek yang akan dipotret sudah pas.tekan tombol potret..setalah selesai memotret,jangan lansung menggoyangkan ponsel.biarkan dulu selama 1 atau 2 detik,baru ponsel digoyangkan.

2.Ada beberapa ponsel yang dilengkapi dengan Lampu Blitz(lampu kilat).Ini sangat membantu jika anda memotret di tempat yang minim cahaya atau gelap.gunakan lampu blitz tersebut saat anda memotret di ruangan yang gelap.jika ponsel anda tidak dilengkapi dengan fitur ini.pinjam saja lampu blitz ponsel atau kamera lain.jadi saat lampu blitz mereka hidup,langsung tekan tombol potret.
Atau ada cara lain..biasanya dalam kamera ponsel ada yang namanya modus malam.Seperti handphone nokia 6600 saya dilengkapi dengan modus malam.anda bisa memanfaatkan fitur ini.tapi efeknya akan membuat banyak noise di foto anda dan gambar akan sedikit kabur(blur).tapi setidaknya gambar bisa lebih terang.

3.jika anda merasa obyek yang akan dipotret cukup penting.potretlah beberapa kali dengan mode yang berbeda.seperti mode potrait dan mode scene.dengan memotret lebih dari 1 kali,mudah mudahan salah satu ada yang bagus.

4.jika ponsel anda dilengkapi dengan memori eksternal(memori tambahan)pilihlah memori dengan tampungan atau ukuran yang besar supaya bisa menampung banyak foto.pilih kualitas dan resolusi yang paling bagus.walaupun memakan cukup banyak memori tapi hasilnya nanti pasti akan bagus.

5.selalu bersihkan lensa kamera..bisa pakai kain atau tisu pembersih lensa.karena jika lensa kamera kotor mengakibatkan foto menjadi buram.jangan memakai sembarang pembersih.jika salah pembersih bisa menyebabkan lensa menjadi lecet.

6.saat bepergian jangan lupa membawa charger.karena pemakaian ponsel untuk memotret memakan banyak batre..jangan biarkan ponsel anda mati secara tiba tiba..

7.Saat anda akan mencetak foto hasil jepretan...sebisa mungkin edit dulu gambar di komputer untuk menerangkan gambar gambar yang menurut anda gelap.jadi hasilnya akan menjadi lebih baik.

8.Jika ponsel anda hanya berkualitas VGA...jangan paksakan untuk mencetak gambar dengan ukuran 3 R atau 4 R .karena hasilnya akan membuat anda sendiri kecewa.cetak saja ukuran 2 R maka hasilnya tidak terlalu jelek.

demikian sedikit tips dari saya.semoga setelah ini hasil jepretan anda akan menjadi lebih bagus...good luck!!!

Related Posts by Categories



No comments: