Sunday, January 06, 2008

Tips Berbelanja Online

Dijaman yang serba digital seperti sekarang..kehidupan manusiapun menjadi lebih mudah dan praktis.dijaman dulu untuk berbelanja saja kita harus berjalan dari rumah kepasar.Bisa jalan kaki atau naik angkot(kendaraan).Jika tidak punya uang terpaksa berjalan kaki dan akhirnya sampai kepasarpun dengan baju yang basah kuyub akibat kecapekan dan kepanasan.belum lagi setelah sampai dipasar,kita harus berdesak desakkan dengan banyak orang dan berjalan di lantai yang becek.Sungguh sangat merepotkan bukan?

bagi sebagian orang yang tidak mau mengalami hal tersebut,mereka dapat berbelanja melalui internet atau yang lebih dikenal dengan belanja online.memang dengan melakukan belanja online,kita mendapatkan banyak kemudahan.Kita tidak perlu repot repot untuk datang ke toko tapi cukup mengunjungi toko toko online yang banyak tersedia di internet.toko toko tersebut berupa website.barang yang kita pesanpun akan segera diantar kealamat.Dan pembayaranpun dapat menggunakan e-gold,credit card,atau internet banking.

Apalagi saat liburan seperti liburan natal dan tahun baru kemaren,toko toko online sangat rame dikunjungi oleh pembeli.

Namun semua kemudahan itu pasti ada resikonya.semakin canggihnya suatu sistem maka akan memunculkan orang orang usil yang ingin memanfaatkan kecanggihan tersebut untuk kepentingang sendiri.seperti terjadinya kasus pembobolan kartu kredit,penyalahgunaan kartu kredit,dan berbagai macam penipuan.Melihat hal hal tersebut,kita akan merasa takut sendiri untuk melakukan transaksi secara online.apalagi bagi anda yang paranoid,akan langsung mengurungkan niatnya untuk berbelanja online.Tapi hal tersebut tidak akan terjadi apabila kita tahu hal hal yang perlu kita lakukan sebelum berbelanja secara online.



1.jangan memeberikan sembarang nomor kartu kredit anda kepada sembarang orang.misalnya anda mendapatkan penawaran dari sebuah email yang meminta anda mencantumkan nomor kartu kredit anda.


2.setelah anda login atau masuk ke account internet bangking atau account keuangan online lainnya,biasakan untuk mengklik logout apabila anda sudah tidak menggunakannya lagi


3. Bila memungkinkan, mintalah jaminan dari pihak bank penerbit kartu kredit anda untuk selalu melakukan konfirmasi secara real time (langsung kepada anda melalui telepon) apabila ada transaksi pembelanjaan melalui kartu kredit anda. Cara ini sangat amat aman, namun banyak bank yang tidak mau melakukannya.


4.sebelum anda melakukan pembelian suatu product dari suatu website,hendaknya memeriksa terlebih dahulu bagian informasinya.hubungi nomor telefon yang ada disana.Jika ada email kirim juga message ke email tersebut untuk memastikan apakah nomor dan email tersebut masih aktif dan bisa dihubungi.jika tidak ada balasan,anda bisa mencari informasi mengenai web tersebut di search engine.jika merasa kurang beres.sebaiknya anda tinggalkan web tersebut.


5.saat masuk ke web toko belanja.lihatah terlebih dahulu testimonial di web tersebut.testimonial adalah semacam komentar dari beberapa pengunjung atau pembeli tentang web tersebut.jika anda merasa testimonialnya mendukung...anda boleh melakukan transaksi disana.



6.sebelum anda menyetujui formulir yang diberikan untuk diisi..baca baik baik kebijakannya..sebaiknya semua kebijakan tidak merugikan salah satu pihak...jadi kalo kedua pihak sama sama menguntungkan,baru anda setujui formulir pembelian.

7.periksa setiap descripsi barang yang akan anda beli..anda patut curiga dengan brang yang mereknya terkenal tapi dijual dengan harga murah

8.hati hati dengan penawaran barang lewat email email.karena biasanya hal seperti ini dilakukan oleh para spammer.untuk lebih memastikan..tanyakan situs resminya dan kunjungi situs tersebut untuk lebih memastikannya.

9. Cari tanda kalu situs web itu aman. Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Ketika anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran - nomor kartu kredit biasanya - lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke shttp atau https. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih amanlah pokoknya.

10.perketat PC anda dengan antivirus,atau firewall.usahakan untuk rajin mengupdate antivirus tersebut.

11.bagi anda yang paranoid terhadap kasus kasus penipuan terhadap kredit card..anda bisa menggunakan alternatif pembayaran lain seperti e-gold tau paypal.

12.simpan bukti transaksi untuk berjaga jaga jika di kemudian hari terjadi hal yang tidak dinginkan.

13.yang terakhir usahakan untuk mengakses internet hanya dari komputer pribadi.jangan sekali kali menggunakan komputer di warnet untuk berbelanja online.

Semoga tips tips diatas dapat berguna bagi anda.dan akhir kata selamat berbelanja!!!





Related Posts by Categories



No comments: